Selamat Datang

Assalaamu'alaikum sahabatku..selamat berkunjung ke blog kami...nikmati dan dapatkan inspirasi dari blog kami :)

Sabtu, 12 April 2008

StuDent Career Path, Apaan Sih??

Cerita tentang si-Student dan sesobek kertas…

Keluar sekolah, Si-Student berjalan dengan gontai…langkah demi langkah dilalui dengan beratnya, tubuhnya membungkuk seolah ada satu ton besi dalam kantong yang memberatkannya. Pikirannya menerawang entah kemana, kerikil demi kerikil ia injak seolah ia tiada peduli sedikitpun dengannya. Tas Eigernya masih dijinjing, tas biru dengan buku buku yang masih baru....celana abu abu nya serasi dengan kemeja putih lengan pendek dan dasi yang menggantung di lehernya. OSIS, begitu yang tertulis di saku kirinya berikut sebuah logo yang mengilustrasikan sebuah buku dan bendera kebangsaan negara ini. Di lengan kirinya tertulis nama SMU tempat ia belajar.
Student memang baru kelas satu, baru satu tahun ia belajar di bangku SMU. Tiga minggu yang lalu, ia baru saja menyelesaikan ujian semester kenaikan kelas, mungkin beberapa minggu lagi ia akan naik kelas, bertemu dengan teman teman yang baru dengan suasana yang baru pula.
Beberapa hari ini, student memang agak bingung....di usianya yang memasuki angka 17 -usia yang dianggap orang sebagai usia penentuan dan awal menuju gerbang kedewasaan- ia mulai memikirkan tentang masa depannya, tentang hidupnya tentang apa sesungguhnya hal yang ingin diraihnya, ia yakin bahwa usia SMA merupakan usia penentuan kemana ia harus melangkah sehingga ia harus menyiapkannya lebih dini, ”lebih cepat lebih baik bung!!!”, begitu suara hatinya berkata.
Student lalu mengeluarkan sesobek kertas dari balik kantongnya. Sesobek kertas kecil yang sudah lusuh, kertas yang sudah terlalu banyak disentuh dan diletakkannya, kertas yang berisi tentang kegalauan hatinya. Hanya beberapa kalimat saja isinya :

IPA/IPS ?
Yang banyak dibutuhkan orang?
Kemampuan&kecenderunganku dimana?
Apa saja yang harus q siapkan?

Dua tahun lagi q lulus SMA,
kira kira orang seperti apa yang banyak dibutuhkan pada saat itu ya?
Kuliah / kerja / wiraswasta ?
Kuliah tu kaya apa sih?jurusannya?beasiswa?
Kalo kerja?
Ato usaha sendiri?
BINGUUUNG....!!!

Hanya itu isinya. Tulisan yang seolah seperti satu ton besi dalam kantongnya. Tulisan yang meskipun sudah beberapa kali dilihat dan dibolak balik olehnya namun tak kunjung ia temukan jawabannya.....
Waktu terus bergulir. Jam menunjukkan pukul 14.15 di tangannya. Ia menghela nafas dan berkata dalam hatinya....”waktu terus berputar maju dan tak mungkin mundur kembali, sedang jawaban sesobek kertasku tak kunjung ku temui. masih ada dua tahun perjalanan kedepan, masih ada 17.250 jam tersisa dan segera harus kutemukan jawabannya.....aku tidak ingin menjadi orang yang salah arah karenanya dan menyesali keputusanku setelahnya hanya gara gara sebuah gambaran dan arahan masa depan yang belum kutemukan jawabannya.....”
Lalu tiba tiba student menghentikan langkahnya.seolah mendapatkan energi baru dalam jiwanya, Ia genggam kertas itu dengan tangan kanannya, ia kepalkan ke atas seolah ia hendak menjangkau matahari. Ia tengadahkan wajahnya dan seolah ia tiada menghiraukan ramainya jalan siang itu, ia berteriak ”HAI MATAHARI, AKAN KU TEMUKAN JAWABANNYA SESEGERA MUNGKIN...!!!”

***

Nah sobat, cerita diatas mungkin banyak terjadi dikalangan remaja SMA sekarang ini. Usia SMU merupakan usia penentuan dimana fase ini merupakan fase awal pintu gerbang menuju dunia kedewasaan dan masa depan. Semua hal harus diperhitungkan dengan cermat karena tiap langkahnya akan menentukan masa depannya. ”Lebih Cepat Siapnya, Itu Lebih Baik...!!!” begitu kata student diatas.
Kebingungan masuk IPA/IPS, kebingungan akan kecenderungan potensi yang dimiliki, kebingungan akan kemana setelah lulus, kuliah, kerja, ato buka usaha, kebingungan tentang gambaran dunia masa depan dan kebingungan akan langkah langkah yang harus ia jalani sedari dini (mulai kelas satu dan dua SMU). Segala kebingungan diatas harus ditemukan jawabannya dengan segera, sedari memasuki kelas satu ataupun kelas dua agar lebih pasti dalam melangkah menuju masa depan.
Dan itulah alasan mengapa Student Career Path diadakan. Student Career Path (baca : jejak karier pelajar) merupakan rangkaian acara dalam rangka memberikan gambaran dan arahan kepada para pelajar SMU tentang dunia masa depan berikut kebutuhan dan tantangan yang akan dihadapi serta yang lebih penting memberikan langkah langkah sistemis, dari mana ia harus mulai melangkah. Kegiatan ini memang hanya dikhususkan untuk siswa kelas satu dan dua SMU dengan harapan agar mereka bisa SIAP LEBIH DINI dalam menentukan masa depannya, tapi meski begitu anak kelas tiga juga ngga dilarang ikut.
Acara ini bakal diadakan hari ahad tanggal 04 mei 2008 pukul 07.30 – 12.00 bertempat di pendopo parasamya kompleks kabupaten bantul dengan pembicara DR.M Budi Setiawan (deputi Menpora) untuk menjawab pertanyaan kebutuhan SDM masa kini dan Dr.Warsito (cah Ndeso yang mendunia) yang akan berbagi pengalaman tentang menyusun arahan hidup sejak dini, serta menghadirkan trainer dan psikolog pilihan untuk motivasi dan pengarahan pelajar (ibu Pihasniwati S.Psi).
So....penting ngga acara ini???bagi pelajar yang memiliki komitmen yang tinggi untuk menata masa depannya sejak dini so pasti buruan deh daftar melalui OSIS di sekolah kamu atau call aja ke CP Student Career Path : Rita 0818 0422 9531 dan setiawan (0274) 650 2694. buruan gih...tempat terbatas....hanya untuk 400 peserta. WaiTeD 4u!!! (By : Yassir)

0 komentar:

Posting Komentar