Selamat Datang

Assalaamu'alaikum sahabatku..selamat berkunjung ke blog kami...nikmati dan dapatkan inspirasi dari blog kami :)

Minggu, 27 April 2008

Mengenali Potensi, Minat dan Kompetensimu

Oleh : Firman Alamsyah, Oomnya Ghozi aktivis OSIS SMA 1 Bantul


Tulisan yang aku buat ini, merupakan bagian materi yang aku sampaikan pada mahasiswa dalam satu acara talkshow di kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Serang Banten, awal 2008.


Ada yang tau, apa sih yang disebut potensi, minat dan kompetensi itu?


Aku mau jelasin sama kamu nih.....Potensi adalah kekuatan yang ada dalam dirimu dan harus dikembangkan jika ingin terwujud menjadi kinerja. Minat adalah kecenderunganmu yang mempola perhatiannya, sehingga membuat kamu menjadi selektif terhadap objek atau bidang tertentu. Kompetensi adalah pengetahuan dan ketrampilan yang kamu miliki, sehingga mampu melakukan pekerjaan tertentu dengan sebaik-baiknya


Contohnya nihh…kamu punya potensi sebagai atlet, karena kamu punya potensi atau kemampuan lari cepat. Maling aja, bisa kalah lari sama kamu. Terus..kamu punya minat di dunia komputer, karena kamu senang main games misalnya atau ngutak-ngatik program, walaupun kamu belum tahu banyak tentang ilmu komputer itu sendiri. Nah...untuk memperoleh kompetensi di dunia komputer, kamu ikut kursus program komputer, kayak web design, coreldraw, photoshop, de el el.


Kalo kamu punya potensi dan minat pada bidang tertentu, maka kamu akan melakukan latihan khusus untuk mendapatkan kompetensi berkarya pada bidang tersebut. Misalnya nih, kamu jago gambar dan seneng ngutak-ngatik program komputer, maka kamu akan ikut kursus menggambar dengan program komputer.


Jika kamu punya potensi, tetapi nggak berminat pada bidang potensimu, maka kamu nggak akan melakukan latihan khusus untuk mendapatkan kompetensi berkarya pada bidang tersebut. Misalnya nih, kamu punya potensi lari cepat, tetapi gak punya impian untuk jadi atlet atletik atau sepakbola, maka kamu gak akan punya keinginan untuk masuk klub atletik atau klub sepakbola.


Jika kamu nggak punya potensi, tapi berminat pada bidang tertentu, maka kamu akan melakukan latihan khusus untuk mendapatkan kompetensi berkarya pada bidang tersebut. Misalnya nih, kamu pengen jadi tentara, tapi postur tubuh kamu yang kecil kerempeng kaya tripleks, gak memungkinkan buat kamu untuk ikut tes masuk AKMIL. Tapi karena kamu punya keinginan dan impian yang kuat, kamu latihan fisik setiap hari, ngangkat barbel dari kaleng isi semen sampe karung beras 50 kilo, kalo perlu si mbokmu digendong ke pasar pulang pergi.


Kalo kamu bisa menggabungkan antara potensi, minat dan kompetensimu, kamu berpeluang menjadi orang yang sukses. Jika kamu tidak punya potensi, tapi mempunyai minat dan kompetensi, kamu tetap berpeluang menjadi orang yang sukses, walaupun dengan usaha yang lebih keras. Tapi jangan khawatir, karena Yang Maha Kuasa, Allah swt, lebih melihat usaha ketimbang hasil.


Nah...terus bagaimana dong caranya mengenali potensi diri??


Mengenali potensi diri dilakukan dengan mencoba aktivitas di berbagai bidang, sampai pada satu bidang dimana kamu merasa mampu dan dapat berbuat lebih dari orang lain. Mengenali potensi dirimu, sebaiknya dilakukan sebelum memasuki dunia perguruan tinggi, jadi pada saat kamu di sekolah sekarang nih, agar kamu bisa menentukan pilihan studi yang tepat sesuai potensi dan minatmu serta dapat merancang masa depanmu atau Careerpath-mu.


Kamu bisa mengikuti organisasi peminatan yang sesuai. Jika belum ada, kamu bisa membuat sendiri organisasi tersebut. Misalnya, kamu bisa ikut Pramuka, Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), Rohis, OSIS, sanggar seni atau ekskul olahraga. Aku waktu SD, ikut tim sepakbola, karate dan senam sekolah. Pas SMP, aku ikut Pramuka dan basket. Karena main basket waktu SMP, tinggiku dalam 1 tahun naik sekitar 15 cm, apalagi waktu itu, lagi demam NBA di sekolah-sekolah, ya...zamannya Michael Jordan en Scottie Pippen gitu deh... Kalo waktu SMA, aku ikut Majalah sekolah (sempet jadi Pemred), KIR (sempet jadi Ketua Umum), Rohis en OSIS. Singkatnya nih, kamu cobain aja semua ekskul yang kamu senengi, sampe kamu menemukan satu ekskul yang kamu gape (jago banget) disitu. Tapi jangan lupa, waktu belajar diatur, supaya kamu gak dibilang kalong kesiangan sama keluargamu, karena sering pergi pagi pulang malem, dan prestasi studimu di sekolah tidak kedodoran, gara-gara ikut ekskul sekolah.


Selain itu, kamu juga bisa membentuk kelompok-kelompok diskusi peminatan di bawah bimbingan seseorang yang telah berhasil di bidangnya. Misalnya nih, kamu berguru komputer ke mahasiswa ilmu komputer atau kamu berguru montir ke mahasiswa teknik mesin. Terus, kamu juga harus menambah pengalaman dengan berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan, seperti seminar, lomba karya ilmiah, workshop, magang, agar kompetensimu semakin meningkat.


Penting juga buat kamu untuk membangun jaringan dengan mahasiswa dan dosen, sehingga mereka dapat membimbingmu masuk dalam dunia pendidikan tinggi yang kamu minati. Kamu juga harus aktif dalam jaringan organisasi antar sekolah, membangun hubungan baik dengan para guru, agar bisa mendapatkan rekomendasi dan dukungan untuk aktif dalam jaringan organisasi atau ekskul antar sekolah yang kamu geluti.


Sekarang...apakah kamu sudah menemukan potensi dan minatmu?? Aku rasa belum, karena sepertinya kamu masih bingung mau apa kamu kelak setelah lulus dari bangku sekolah?? Kalaupun sudah, sepertinya kamu belum mempunyai kompetensi dan jaringan yang bagus, yang dapat menghantarkanmu meraih cita-cita dan impianmu.


Nahh...aku ingin mengajak kamu, menyelami potensi dan minatmu dalam acara Student’s Careerpath yang insya Allah akan diadakan di Parasamya kantor Bupati Bantul, tanggal 4 Mei 2008. Kamu akan dilatih oleh bu Hasni, Psikolog dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, untuk mengenali potensi dan minatmu. Untuk meraih kompetensi, kalo kamu beruntung kepilih, kamu bisa ikutan program follow up dari acara careerpath, dengan dilatih oleh para mahasiswa/i dan dosen-dosen di kampus-kampus se-Yogyakarta.


Tunggu apa lagi, tiket terbatas untuk ikutan acara careerpath, cuma 400 lembar tiket doang untuk kamu-kamu yang beruntung!! Jadi, ajak temen-temen kamu, untuk daftar bareng dan kita ketemu bareng di sana di acara careerpath, insya Allah.


Keep smiling en keep fighting untuk masa depanmu!!


0 komentar:

Posting Komentar