Selamat Datang

Assalaamu'alaikum sahabatku..selamat berkunjung ke blog kami...nikmati dan dapatkan inspirasi dari blog kami :)

Kamis, 24 April 2008

Catatan Pribadi tentang DR. Warsito; Calon Peraih Hadiah Nobel dari Indonesia

Oleh Oom-nya Ghozi Aktivis OSIS SMU 1 Bantul


Pertama kali aku mengenal DR. Warsito, sekitar tahun 2002, ketika ada pertemuan para teknokrat dan ekonom di Puspiptek Serpong, Tangerang. Kebetulan aku diundang sebagai perwakilan mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Selain itu, juga ada perwakilan mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Pada acara tersebut, DR. Warsito sebagai pembicara dipanel dengan DR. Dzulkieflimansyah, pakar ekonomi industri dari Universitas Indonesia.


Penampilannya yang perlente, menyiratkan pengaruh gaya hidup barat, dimana ia bekerja di Ohio State University, Amerika Serikat, setelah sebelumnya bekerja di Shizuoka University Jepang. Tetapi saat ini, ia sudah memutuskan untuk membangun laboratorium sendiri di Indonesia.


Semenjak pertemuan itu dan pertemuan selanjutnya tahun 2004 di Jakarta, aku semakin intens berinteraksi dengan DR. Warsito. Kita sama-sama aktif di Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) yang diresmikan Prof. BJ Habibie, mantan wapres, di Hotel Indonesia Jakarta. By the way nih, DR.Warsito sering disebut-sebut sebagai Habibie generasi ke-2, Kita cukup sering mengisi bareng acara-acara di berbagai kampus di Indonesia, sering jalan bareng, makan bareng, tidur bareng. uupps....maksudnya tidur satu kamar tapi beda tempat tidur. Satu perjalanan yang mengesankan bersama DR. Warsito, ketika dari Semarang, selepas mengisi acara di Universitas Diponegoro (UNDIP), kita melaju malam hari ke Kediri. Karena saking lelahnya, diantara kita tidur mendengkur keras, hingga membuat sang sopir gak bisa tidur :D. Keesokan harinya dari Kediri, kita berangkat ke Malang, untuk mengisi acara di Universitas Brawijaya (Unibraw). Karena pagi harinya makan nasi goreng, kepedesan kali ya, pas nyampe Malang, kita musti puter-puter cari toilet, karena sakit perut :D. Malu dong, kalo nanti disambut panitia, kita malah ngeloyor cari WC.


DR. Warsito berasal dari keluarga petani, udah pada tau khaan.... dari posting sebelumnya. Cah ndeso di tahun 70-an, yang mungkin nggak pernah kepikir buat sekolah ke luar negeri. Mungkin sama dengan kamu, yang saat ini, gak pernah kepikir untuk bisa sekolah keluar negeri dan menjadi terkenal di seantero dunia. Tetapi, mungkin kita punya kesamaan, yaitu kita masih bisa punya IMPIAN. Impian untuk bisa sekolah keluar negeri, impian untuk sukses dan juga terkenal. Aku cukup sedih, ketika tahu banyak pelajar Bantul yang tidak (bisa) melanjutkan sekolah ke Perguruan Tinggi dan menjadi TKI keluar negeri. Apakah karena permasalahan ekonomi? Apakah karena permasalah sosial budaya di keluarga dan masyarakat sekitar kita? Permasalahan tersebut sebenarnya bisa kita atasi, jika kita punya impian. Impian yang akan mendorong kita dengan keras, untuk berbuat yang terbaik untuk hidup kita. Sebagaimana impian DR. Warsito, impian RA Kartini, impian Habibie, dan impian semua orang besar lainnya.


Oh ya...., DR. Warsito oleh KoranTempo, dinobatkan sebagai 10 pemuda terbaik Indonesia. Belum lagi penghargaan lainnya dari dalam dan luar negeri. Dan saat ini, DR. Warsito, selain membina riset mahasiswa-mahasiswa Indonesia, juga mahasiswa asing, seperti mahasiswa Jepang dan Amerika. Hebat khaann...!! Kalo ngisi Seminar-seminar Internasional di luar negeri, mahasiswa-mahasiswa asing pada berduyun-duyun antri untuk konsultasi dengan DR.Warsito. Kayak selebritis gitu deh, kalo di Indonesia. Malah kalo disini, selebritis lebih laku tanda tangannya ketimbang ilmuwan ya :D. Jadi, aku ingin mengatakan sama kamu semua, kalo kamu bakal beruntung banget, jika bisa ketemu dan diskusi langsung dengan DR. Warsito. Gak pernah kebayang khan..., kalo seorang calon peraih Hadiah Nobel seperti DR. Warsito bisa datang langsung ke Bantul, kota kecil di pelosok jogja. Jangan sia-siakan kesempatan ini, karena kamu masih bisa punya IMPIAN BESAR untuk hidupmu dan keluargamu.


2 komentar:

  1. ass wr wb,

    jika memungkinkan kami ingin sekali mengundang DR Warsito sebagai Guest Speaker ke sekolah Cikal. Mohon alamat kontak beliau, email atau no telp.

    terimakasih

    wass

    BalasHapus
  2. ass wr wb,

    jika memungkinkan kami ingin sekali mengundang DR Warsito sebagai Guest Speaker ke sekolah Cikal. Mohon alamat kontak beliau, email atau no telp.

    terimakasih

    fajarcnpks@gmail.com

    wass

    BalasHapus